STANDAR PELAYANAN (SP)

Lampiran : Keputusan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Nomor : 477/517/Dukpil/XI/2019

Tanggal : 04 Nopember 2019

 

1. Standar Pelayanan Publik Penerbitan Kartu Identitas Anak(KIA) Proses Penyampaian Pelayanan ( Service Delivery)

NO KOMPONEN URAIAN
1 Produk Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA)
2 Persyaratan 1. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)

2. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) orang tua

3. Fotocopy Akta Kelahiran

4. Pasfoto berwarna bagi anak yang berumur 6 – kurang dari 17 (tujuh belas) tahun

3 System, mekanisme dan prosedur 1. Petugas loket menerima formulir dan kelengkapan berkas pemohon

2. Petugas loket melakukan verifikasi berkas. Jika sudah lengkap diteruskan ke petugas distributor. Jika tidak, dikembalikan ke pemohon

3. Petugas distributor menyerahkan berkas permohonan ke petugas operator

4. Petugas operator menerima berkas permohonan dan melakukan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA)

5. Petugas operator menyerahkan hasil cetakan Kartu Identitas Anak (KIA) ke petugas distribusi.

6. Petugas distribusi menerima hasil cetakan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk diserahkan ke petugas loket.

7. Petugas loket menerima dan menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) ke pemohon

8. Petugas arsip menerima dan menyimpan berkas permohonan Kartu Identitas Anak (KIA)  ke bagian pengarsipan

4 Jangka waktu pelaksanaan 5 hari kerja ( Jika Blanko tersedia dan tidak ada gangguan jaringan )
5 Biaya Gratis berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 14 Tahun      2015 tentang Retribusi Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Makassar
6 Penanganan pengaduan, saran dan masukan 1. Ruang pengaduan

2. Kotak saran

3. website : dukcapil-makassar.com

4. facebook : Dukcapil Makassar

e-mail : dukpilmks@yahoo.co.id

 

2. Standar Pelayanan Publik Penerbitan Kartu Identitas Anak(KIA) Proses Pengelolaan Pelayanan Internal Organisasi ( Manufacturing )

<td\>
1  Petugas Loket1  Operator1  Petugas Register1  Kepala Seksi1  Kepala Bidang1  Kepala Dinas1  Petugas Arsip

NO KOMPONEN URAIAN
1 Dasar Hukum 1. Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan

2. Undang Republik Indonesia Nomor 24  Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2006 Tentang  Administrasi Kependudukan

3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan

5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 40 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan

6. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil

7. Permendagri No. 2 tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak

8. Peraturan Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No 15 tahun 2014 tentang Standar Pelayanan

9. Permendagdri No 7 tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Daring

10. Peraturan Daerah Kota Makassar nomor 3 Tahun 2009 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kota Makassar

11. Peraturan Daerah Kota Nomor 9 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil di Kota Makassar

12. Peraturan Walikota Makassar Nomor 10 Tahun 2010 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk

13. Peraturan Walikota Makassar Nomor 14 Tahun 2015 terntang Retribusi Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Makassar

 

 

2 Sarana Prasarana/fasilitas 1. Komputer, Printer, meja dan kelengkapannya

2. Blanko Kartu Identitas Anak (KIA)

3. Kursi tunggu

4. AC

5. Bahan Bacaan

6. Monitor antrian

7. Ruang Ibadah

8. Ruang laktasi

9. Ruang bermain anak

10. Tempat Parkir

11. Toilet

12. Jalur landau disabilitas

13. Kursi roda

14. Kantin

3 Jumlah pelaksana
4 Kompetensi pelaksana perekaman dan penerbitan KIA Pendidikan formal

a. SMA  4 orang

b. S1   2 orang

d. S2   1  orang

Pendidikan Pelatihan SIAK   7 orang

5 Pengawasan Internal 1. Dilakukan oleh seksi Inovasi Pelayanan

2. Dilakukan oleh bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan

3. Dilakukan oleh Kepala Dinas

4. Konsisten dalam memberikan teguran /sanksi

6 Jaminan pelayanan Terdapat Maklumat Pelayanan berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Makassar Nomor 477/565/Dukpil/XI/2016
7 Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan 1. Tersedia alat pemadam api ringan

2.  Dokumen yang diterima  dijamin asli

8 Evaluasi Kinerja penyelenggara Evaluasi berdasarkan Survey Kepuasan Masyarakat

 

Silahkan download selengkapnya melalui link ini SP KARTU IDENTITAS ANAK